Wednesday, March 28, 2007

PENGORBANAN ADIK BINAAN

Saya memiliki sebuah EO kecil-kecilan. Dan rutinitas tahunannya adalah mengadakan talkshow pengenalan jurusan kuliah untuk remaja. Tahun lalu acaranya terbilang sukses. Lima ratus pelajar SMA se-Bandung menghadiri acara tersebut.

Kini ceritanya berbeda, banyak acara sejenis bermunculan, dan diadakannya sebelum acara kami. Jelas, keterlambatan momen ini akan membuat dampak yang besar. Beberapa sesi sepi, walaupun beberapa yang lainnya dipenuhi peserta.

Yang ingin saya ceritakan bukanlah sudut pandang finansialnya, namun momen emosionalnya. Sebagai penanggung jawab acara, saya pernah stress tingkat tinggi karena peserta yang daftar baru seorang, padahal acara dilaksanakan keesokan harinya.

Otak diputar, doa makin kenceng, dan akhirnya beberapa solusi berlompatan dari otak. Singkat cerita, agar acaranya ramai, panitia memutuskan untuk mengundang perwakilan setiap SMA secara gratis. Ini sih masih biasa aja.

Yang luar biasa adalah, saat adik-adik binaan saya, beberapa menit sebelum acara dimulai, berdatangan. Walaupun mereka punya kesibukan, walaupun acara ini mungkin tidak berhubungan dengan jalan hidup mereka, mereka hadir.

Walaupun rumah mereka jauh, dan mereka tidak dibayar sepeserpun untuk hadir, mereka tetap rela untuk meyukseskan acara yang diadakan oleh kakak mentornya ini. Dan tambah lagi, mereka tidak datang sendirian, mereka mengajak teman-temannya. Alhasil, acara pun menjadi ramai. Pembicara tidak kecewa, dan panitia ceria. Cihuy !

Sungguh, saya sangat terharu hari itu. Saya belajar banyak dari adik binaan saya yang berkorban tanpa pamrih, tulus. Maka pada hari itu pun saya berikrar.

Adikku, kalaulah kalian meminta untuk diadakan mentoring. Baik di hari libur, atau disaat saya sedang ujian pun, akan kupenuhi, insya Allah !!

NB : Jazaakumullah khair kepada Teguh, Galih, dan Fajar yang hadir hari itu. Semoga SPMBnya sukses ya...

No comments: