Wednesday, July 19, 2006

AKTIFIS PUN (SERING) JATUH CINTA 2

VMJ = Virus Merah Jambu

TBC = Tekanan Batin Cintrong

Ini adalah istilah yang cukup akrab dikalangan aktifis. Wajar, sebab aktifis juga manusia, punya rasa punya hati (rocker kalee..) Maka jika kita memandang mereka sebagai sosok yang agak dingin terhadap wanita, itu salah besar. Bahkan mereka adalah makhluk-makhluk yang sangat mudah jatuh cinta.

Oleh karena sifat itulah mereka justru jadi sangat protektif terhadap lawan jenis, khawatir hatinya berbelok makin jauh. Anggapan mereka, cinta pada lawan jenis hanya halal bila sudah diikat oleh tali pernikahan. Saya punya cerita mengenai VMJ ini.

Ada beberapa teman (ingat! beberapa = tidak banyak) yang dulu sewaktu sama-sama aktif di rohis SMA merupakan pengurus yang militansinya tingkat tinggi. Dan seingat saya, merekalah yang menginspirasi saya untuk memilih tidak berpacaran. Sikap mereka sungguh bersemangat, tidak hanya kepada cowok namun para cewek pun tidak luput dari dakwah mereka.

Sayang, mungkin karena semangatnya tidak dibarengi ilmu maka ada beberapa diantaranya yang justru lengket dengan sang cewek yang didakwahi. Mungkin awalnya cuma curhat biasa, namun begitulah... Ada juga cerita mengenai jalinan hati sesama aktifis.

Maksudnya? Begini, tidak dapat dipungkiri apabila dalam sebuah kepanitiaan atau kerja organisasi sering terjadi komunikasi lintas gender. Dan tidak jarang dalam satu divisi terdiri dari ikhwan maupun akhwat. Awalnya komunikasi dalam lingkup kerja, mulai beralih ke wilayah pribadi. Dan untuk kasus yang ini sih, saya pun pernah mengalami –sering lagi- hehehe...

Pernah ada kejadian yang membuat saya senyam-senyum sendiri. Kisahnya, pada suatu hari (cieh) adik mentor saya curhat dan memperlihatkan sebuah sms dari seorang akhwat. Isinya hadits mengenai 7 golongan yang dinaungi Allah saat penghisaban kelak, yang salah satunya merupakan 2 orang yang saling mencintai, bertemu, dan berpisah karena Allah SWT. Haditsnya tidak salah, namun pemahamannya yang kurang tepat. Karena, maksudnya 2 orang itu ialah sejenis. Alias bukan antara ikhwan dan akhwat gitu loh, waspadalah waspadalah!

Ada juga sebuah hukum tak tertulis yang beken dikalangan para aktifis ikhwan. Yaitu jangan pernah menaruh hati pada akhwat seangkatan, karena mereka bagiannya para alumni. (Punten ya akhwat kalo salah) Begini, temen saya pernah ngasi tau bahwa akhwat itu kalo diajak rapat suka susah. Alasan mereka biasanya 9A yaitu afwan akhi ana ada amanah ama akang-akang alumni. Hehehe...peace ah!

Darimana datangnya lintah
Dari sawah turun ke hati
Darimana datangnya cinta
Dari mata turun ke hati

Seorang penyair mengatakan bahwa semua orang ingin sembuh dari sakitnya, kecuali mereka yang didera penyakit cinta. Betul banget! Jadi, bagi teman-teman kita yang merupakan aktifis tingkat tinggi nih, saat mereka mulai didera VMJ justru ibadahnya makin naik. Baik tilawah, shaum, tahajjud, dan amalan2 lain yang mendatangkan cintaNYa.

Karena mereka khawatir Allah cemburu saat kita lebih mencintai makhluk daripada yang menciptakan makhluk itu. Kan teorinya mah saat kita kagum akan sesuatu, maka harusnya lebih kagum lagi sama yang nyiptainnya betul !?

Kalo aktifis amatiran kayak kita mah biasanya makin sering ngelamun, menerawang kayak tim pemburu hantu. Membayangkan saat si dia bersanding pas pelaminan kelak. Tutur katanya berubah jadi makin sentimentil (alah...). Bacaan favoritnya ialah buku Di Jalan Dakwah Aku Menikah. Nasyid2nya bukan lagi bertema perjuangan, namun nasyid romantis.

Wooooi....sadar!!!!

Masih banyak yang perlu dibereskan bung! Masih banyak yang butuh perhatian kita! Itu bukan cinta sejati, itu mah kekaguman sesaat. Kalo emang bener kita cinta, tiap abis sholat suka ngedo’ain dia ngga? Kalo bener itu cinta sejati, pasti ngga pernah lupa kita doakan tiap abis sholat seperti doa kita pada kedua orang tua dan adik kakak. Kalo jarang –atau ngga pernah- artinya rasa ini bukan dari hati yang murni namun dari hawa nafsu.

Udah siap ngelamar gitu?
Belum kan...

Sebagai penutup, ada sebuah nasihat dari imam kita Rasulullah SAW.

Wahai para pemuda jika kamu telah sanggup untuk menikah maka menikahlah. Karena itu akan menjaga kehormatanmu. Kalau belum mampu maka tundukanlah pandanganmu dan shaumlah karena itu adalah benteng bagimu (HR Hakim)

4 comments:

ichaicha said...

well,well,well..

look who's joined the club??

find your comfortness in blog, huh?

well...thats what happen with me, too, Bro'

you know?
i've been knowing u since we're a classmate in the 2nd grade hi school
and im pretty sure that u're 'that kinda boy'..

u have no idea what all the girls had been talking bout you..kinda funny you know?the circumstances that u've made because of your 'cool blooded heart'..
hahaha...

but.. since i read your blog...im kinda understand the reason why you acted like that..
there's nothing wrong with the idea of 'protecting' yourself from doing something that may lead you to the sinful world *halagh....bahasanya...*

Despite that you might broken many many hearts out there, what are you trying to do now is a really big job with a really big temptation, Bro..

and, honestly..

im really proud of you..you know,its not easy being a young man without feeling any lust to everything, maybe mostly to the opposite sex..
i've been there and hope to not coming back to that life..

and you're right bout one thing too..
we're young and our life's waiting to begin..

its not that i warn u not to fall in love w/ some girls but maybe 'protecting' ourselves will be so much better...but since u've been committed not to have any serious relationship *baca : pacaran* i think you have to suffer of losing your dream girl hold by other man..hihihi...

yah...everything comes for a reason..

intinya..

KALO JODOH MAH GA BAKAL KEMANA

;)

el fath said...

nice to read what's on ur mind, keep striving.. time'd never wait, we're getting older- closer to the graveyard, and hope what we bring is more than just "enough" (pretty hard life, eh?!) meanwhile we're facing fitna everywhere.. women.. who can live with them?(and without them? lolz..) -_-"

anyway, keep trying for jannah, coz hurun in are too good to be skipped ;) (you know what i mean, dont you?!)


and may our love is only for Allah still, the most tremendeous, of all..

dilla said...

well...introvert boy... this blogs is a great thing for your fans...maybe... hehe... so you wont hurt any other girl in this world...
i think the lyrics "im only human born to make mistakes" is a BIG BIG mistake.. coz i found some people born to avoid mistakes...
so...keep up your good priciple...

Lizi said...

actually...alh...nanaonan nya...
ah...make basa indonesia wae ah...

Lizi jadi inget masa lalu...masa2 dimana...
geus ah...

ilmu itu sangat penting rupanya...
kita2 ga akan tersesat kalo ada ilmu, betul ga?!
kalo dah punya ilmu kita juga kudu paham...jadi setiap tindakan kita semua berdasar...tapi inget,jangan sampei 'CARI PEMBENARAN' dari setiap ilmu yang kita punya untuk menyingkronkan dengan apa yang kita ingin lakukan(baca:ngikutin hawa nafsu).
So,peran orang terdekat pun sangat berpengaruh juga.merupakan lahan untuk saling mengingatkan.Ternyata bener juga apa kata Rosul "kalo kita punya temen pengrajin besi maka kita akan terkena bau pembakarannya,kalo kita punya temen tukang minyak wangi maka kita akan kebagian wanginya"
ya...kira2 begitu lah....
eh, kalo salah lurusin ok...