Sunday, June 03, 2007

SEBEGINI DAHSYATKAH SEDEKAH !?

Sebelumnya, saya ingin berterimakasih kepada kang ilham, teh rachma, teh nuni, dan kang awan atas tanggapannya pada tulisan terdahulu (Anggapan yang Membius)
Sahabatku tercinta, kemaren baru aja saya mengalami apa yang banyak dikatakan oleh para ulama kita. Bahwa Allah itu Maha Kaya, bahkan saking kaya-nya, balasan akan amal kita pun tidak hanya dibalas berjuta kali lipat di akhirat, tapi juga di dunia.
Ini mah mudah-mudahan bisa jadi inspirasi ya,
Jadi begini nih, beberapa hari yang lalu saya sedekah. Misalnya Rp.100 aja. Nah (walaupun sebenernya kurang baik juga sih) dalam hati saya bergumam “Ingin nyoba ah, katanya kalo kita sedekah, biasanya rizki kita dipermudah”
Apa yang terjadi? Ternyata hari itu tidak ada yang terjadi hehehe...Tapi, ternyata eh ternyata, besoknya ada SMS, yg isinya kurang lebih kayak gini “Agah, siap-siap 3 pekan lagi kita serah terima tempat fotocopy” *HAH*
Jadi ceritanya, kan kantor saya yang super imut ukurannya tuh numpang di sebelah tukang fotocopy. Sehubungan denger-denger bisnis fotocopy tersebut kurang terkelola dengan baik dan pemiliknya sudah sepuh, saya coba-coba ajukan deh ke ownernya. “Biar aja kami yang ngelola, kami setor sekian ke bapak perbulannya, tapi sewa tempat gratis”
Sebenarnya ngga terlalu ngejar banget sih, tapi ternyata Allah yang membolak-balikkan hati. Dengan mudahnya Allah menggerakkan jempol si bapak buat ngirim SMS yang tadi ke kami. Alhamdulillah, ini baru yang pertama.
Yang kedua, solat malam dirikanlah, eh…
Kalo yang kedua adalah besok lusanya. Jadi, secara *cieh* saya kan lagi nyari-nyari laptop nih. Hasil survey ke temen-temen mah kalo yg murah tapi lengkap fiturnya yaitu Axioo dan Acer. Tapi kurang tahan lama. Saya pikir, masalah barang mahal kayak gini mah harus yang tahan lama, karena saya beli bukan buat dijual lagi.
Tanya kesana kemari, yang ok tuh Dell, Sony Vaio, dan Toshiba. Karena dua merek yang awal mayoritas diatas 8 jutaan dan bugdet saya ngga cukup, akhirnya fokus deh di Toshiba (TOs HIdeung BAu, Sunda Translation : Udah Item Bau Lagi). Udah nyari-nyari, ketemu yang harganya $ 869 dan saat itu kurs Rp.8900. Jadi sekitar Rp 7.734.100 lah.
Keliling-keliling di toko sama sobat, eh rata-rata Rp.7.750.000. Masih kemahalan. Karena udah adzan maghrib, solat dulu aja ke masjid deket mall kami teh. Lalu abis solat, sobat saya ngajakin ”Gah, kita nyoba ke pameran yu!” Ya karena masih penasaran, saya hayu aja.

Di pameran, mendekati sebuah stan, dan menanyakan harga

Wah ternyata yang ini mah $869 x Rp.8800 = Rp. 7.647.200. Lebih murah euy! Ternyata ngga selesai sampai di situ, si Mbak ngambil kalkulator dan menyorongkan sebuah angka dengan kurs Rp 7.560.300, dipas-in jadi Rp.7.550.000 masih ditambah optical mouse.
Dan dalam sepersekian detik tiba-tiba si Mbak nampak salah tingkah, dan berkata ”Eh, salah!” Karena kami selaku konsumen berjiwa buas hehehe... kami tagih lagi apa yang dia ucapkan barusan. Dan akhirnya transaksi penghematan besar-besaran kami dapatkan.
Alhamdulillah, Ya Allah, Engkaulah yang membolak-balikkan hati si Mbak, Engkaulah yang membuat si Mbak salah ucap sehingga memberi kami harga grosir. Nuhun pisan ya Allah...
Nah begitulah sahabat, saya pun sekarang makin yakin kalo efek sedekah itu luar biasa, sampai-sampai di dunia pun dibalas kontan. Mudah-mudahan di akhiran lebih berlipat lagi . Amien...
NB : Hari ini, 22 tahun yang lalu, ada sepasang suami istri yang super stress menanti kelahiran si jabang bayi yang sulit keluar. Dari malem udah pembukaan, baru brojol pas adzan dzuhur besoknya. Dan bayi kurang ajar itu adalah saya, peace!!

12 comments:

Donny said...

Yah, saya juga sering baca tentang dahsyatnya sedekah...tapi, setelah dipikir-pikir lagi, saya 'berusaha' untuk tidak terlalu hitung-hitungan dengan Allah. Terus terang, saya agak risih juga dengan konsep..."kalau mau banyak rezeki, banyak-banyakin sedekah", meskipun tidak salah sih, hanya saja terasa ambigu. Sehingga, rezekinya yang dikejar, bukan kedekatan dengan Allah-nya. :)

Laksono said...

sebelumnya... met ultah ya mas...

kemarin ada sosialisai tentang zakat di kantor, baru terbuka saya bahwa potensi atas zakat infaq dan sadaqoh sebenarnya luar biasa kalo di kelolah dengan baik..

jadi dapat banyak rejeki nih mas :D alhamdulillah

deen said...

wah, met milad kang.. smoga usia yg tersisa bisa lebih barokah lagi..

Ngobrol soal sedekah, deen stuju dengan komen ptama, emang rada susah y kala bersedekah, krn nyerempet2 dgn keinginan utk dibalas, pfiuh, padahal makna sedekah itu sendiri kan, biar lebih mendekatkan diri pada DIA..
Eniwei, jazakallah buat pengalamannya.. pagi2 dapat pencerahan euy.. makasi2..

fathy said...

jadi, sy bakalan kebagian sedekahnya agah gak niy? hehe... ^_^v
btw, happy milad ya. smg Allah memberkahi sisa umurnya. aamiin.

ratna said...

(maaf telat) selamat milad deh yang ke-22 (wah saya lebih tua lebih dulu nih ceritanya) selamat jadi sarjana juga...

Anonymous said...

gue jg liat di buku Mukjizat Sedekah ada kisah-kisah nyata kayak gitu emang sih kt kudu bikin kebajikan apa aja, kasih manfaat orla, itu jg sedekah geh

mida said...

weh, sapa yang kirim komen ga pake nama, gue tertarik tu kenalan, sayang ga da kontaknye ye,gue jg lg bc buku itu mukjizat sedekah emang agak beda sih dibanding buku lain ngomong sedekahnye, ga cm duit katanye, ok deh kite amalin same-same

mida said...

weh, sapa yang kirim komen ga pake nama, gue tertarik tu kenalan, sayang ga da kontaknye ye,gue jg lg bc buku itu mukjizat sedekah emang agak beda sih dibanding buku lain ngomong sedekahnye, ga cm duit katanye, ok deh kite amalin same-same

honey said...

Yang terasa sekali dari sedekah adalah...ketenangan hati dan ketenangan jiwa

hudaya said...

Manfaat sedekah benar-benar luar biasa..

Allah pasti akan menambah rezeki orang yang bersedekah. Dan jika mau kaya banyak-banyaklah bersedekah.

Kunjungan balik ke blog ku ya

Ari said...

Tiga hal yang harus dilakukan untuk memperbaiki ahlak manusia yaitu 3S, Sholat, Shalawat, Sedekah. dlm tubuh manusia ada segumpal darah apabila baik maka baiklah pula manusia itu dan sebaliknya apabila buruk maka buruk pulah manusianya itulah yg namanya HATI. manusia untuk dekat dengan penciptanya harus bersih hatinya, hati adalah penyaring darah apabila darah bersi maka bersila hatinya,hati yang bersih didapat dari sari pati makanan yang bersih,apa yang kita makan didapat dari penghasilan kita yg halal, penghasilan yang halal akan bersih apabila sebagian disedekakan.dengan bersih dara berarti bersi hati maka tidak ada jarak antara pencipta dan mahluknya sehingga menyatunya keinginan(manusia) dan kehendak (Allah). dan jangan LUPA SETARIK NAFAS INGAT ALLH

kaya dengan sedekah said...

sangat luar biasa,, memang banyak sekali fadilah dan keajaiban tentang sedekah.. coba liat juga Penelitian Tentang sedekah
semoga kita semua menjadi orang yang ahli sedekah amin...